Tuesday, April 9, 2019

Jenis Media Tanam Adenium Agar Tumbuh Subur

Pemilihan media tanam yang tepat dapat menentukan tingkat kesuburan Adhenium. Media tanam sangat mempengaruhi pertumbuhan Adhenium yang ditanam. Anda bisa mengenali media tanam Adhenium yang baik dari beberapa kriteria. Salah satu media tanam yang harus dihindari adalah media tanam yang bersifat lembab. Karena media tanam yang lembab membuat Adhenium jadi rentan terserang hama dan penyakit.

media tanam adenium

Media Tanam Yang Baik Untuk Adhenium


Ada banyak media tanam yang bisa digunakan sebagai media penanaman Adhenium. Pastikan memilih salah satu media tanam berikut ini, agar Adhenium tumbuh subur.

Pasir Malang

Pasir malang adalah pasir yang berasal dari muntahan lava gunung berapi. Pasir ini memeiliki bobobt yang ringan dan mempunyai rongga yang halus. Media ini dapat menahan Adhenium dengan baik karena memiliki porous. Namaun kekurangannya adalah media ini miskin unsur hara dan cukup sulit ditemukan di Indonesia. Ini dikarenakan, tidak setiap daerah dapat menghasilkan pasir malang.

Sekam Mentah

Sekam merah juga dapat menjadi salah satu media tanam pengganti pasir malang. Sekam merah merupakan kulit padi yang telah melalui proses penggilingan. Media tanam dari sekam merah memiliki tingkat porositas yang sangat baik. Media tanam ini juga memiliki peran penting dalam memperbaiki struktur tanah sehingga sitem aerasi dan drainase media tanam menjadi semakin bagus.

Pupuk Kandang

Anda juga bisa memanfaatkan kotoran ternak sebagai media tanam Adhenium. Ini dikarenakan kotoran hewan atau pupuk kandang juga bisa membantu meningkatkan kesuburan tanah. Jenis media tanam ini memiliki zat hara yang baik bagi tingkat kesuburan tanah dan tanaman. Pupuk kandang yang berasal dari hewan ternak seperti kotoran sapi memiliki kandungan seperti Nitrogen, dan mineral logam seperti Kalium, Magnesium dan Kalsium. Sedangkan pupuk kandang dari kotoran ayam memiliki kandungan fosfor yang lebih tinggi.

Pasir Bangunan

Belum banyak yang tahu jika pasir bangunan juga biosa menjadi media tanam yang baik bagi Adhenium. Namun pasir bangunan yang dipakai adalah pasir yang meiliki butiran yang kasar. Namun sebaiknya pasir yang akan digunakan sudah melalui proses pencucian guna mengurangi unsur tanah yang mungkin terkandung. Tujuannya adalah agar media tanam tidak mengikat air dalam waktu yang terlalu lama. Pasir bangunan yang digunakan tanpa proses pencucian akan mengalami kepadatan dan ini tidak baik bagi Adhenium.

No comments:

Post a Comment