Thursday, January 3, 2019

Cara Agar Adenium Memiliki Banyak Cabang

Bagi para pecinta Adenium, tentu sudah tidak asing dengan Adenium yang memiliki banyak cabang. Tidak dipungkiri, semakin banyak cabang Adenium maka akan semakin indah dipandang. Namun untuk memperbanyak cabang Adenium membutuhkan trik khusus agar cabang yang tumbuh memiliki bentuk yang indah. Meski secara alami Adenium bisa memiliki cabang yang banyak, tapi jika tidak melaui perawatan yang tepat maka cabang yang dihasilkan pun tidak maksimal.

cara agar adenium bercabang banyak

Cara Memperbanyak Cabang Adenium Dengan Pemangkasan

Pada pembahasan ini akan dibahas cara memperbanyak percabangan Adenium dengan teknik pemangkasan. Karena cara ini termasuk cara paling efektif dalam mensiasati pertumbuhan cabang Adhenium. Untuk mengetahui caranya, anda dapat mengikuti 5 langkah berikut ini:

1. Waktu Pemangkasan Adhenium

Pemotongan sebaiknya dilakukan pada musim panas sehingga mendapat cukup sinar matahari.
Pemotongan pilih pada musim yang tepat. Pilihlah waktu dimana Adenium sedang tumbuh maksimal, hal ini ditandai dengan warna daun pada pucuk terlihat lebih muda dari daun di bawahnya. Jangan lakukan pemangkasan disaat warna daun hijau tua semua.

2. Pemilihan Titik Pangkas Adenium

Untuk melakukan pemangkasan pada Adenium tidak bisa dilakukan sembarangan, perhatikan titik tunas pada pohon. Titik tunas pada Adenium biasanya muncul pada bekas daun yang sudah gugur. Pemotongan dapat dilakukan pada bagian atas titik tunas. Jumlah cabang yang muncul biasanya mengikuti titik tunas yang tumbuh, usahakan jarak titik tunas dekat dengan titik potong. Jika terlalu jauh biasanya tunas yang tumbuh tidak maksimal, misalnya titik tunas yang muncul ada 3 sedangkan yang tumbuh hanya 2 saja.

3. Buat Goresan Pada Batang

Tujuan membuat gorsan pada batang adalah untuk memaksa Adenium tumbuh bercabang. Caranya dengan membuat belahan pada batang mengikuti jumlah tunas yang muncul, jika ada 3 tunas maka batang juga di belah 3. Sebaiknya hanya melakukan pembelahan tidak lebih dari 3, dan pastikan setiap belahan batang memiliki titik tunas.

4. Oleskan Fungisida

Bagian batang yang terbuka akibat bekas potongan sangat rentan diserang jamur dan parasit. Jika tidak di antisipasi, bekas potongan ini dapat membusuk dan Adenium bisa menjadi mati. untuk itu perlu dilakukan pencegahan dengan cara mengoleskan fungisida pada bagian batang bekas potongan.

Trik sederhana diatas cukup ampuh untuk anda yang ingin membuat bonsai Adenium dengan memiliki banyak cabang. Meski simple, namun tetap harus dilakukan dengan telaten agar hasilnya maksimal. Jangan lupa juga untuk lakukan perawatan rutin untuk menjaga Adenium tetap sehat.

No comments:

Post a Comment