Friday, February 9, 2018

Beberapa Hal Penting Sebelum Menanam Bunga Kertas !

Bunga Bougenvillea atau lebih umum disebut bunga kertas adalah salah satu bunga yang memiliki banyak sekali varietas dengan berbagai warna. Di kutip dari bougainvilleas.us bunga kertas tercatat memiliki 80-an varietas. Bunga ini cukup populer menghiasi pekarangan rumah maupun taman-taman di Indonesia.

Bunga kertas berasal dari Amerika Selatan, tanaman ini sering dijadikan tanaman dikawasan perumahan. Saat bunganya mulai muncul, bougenvillea memiliki sifat alami yaitu merontokan sebagian daunnya.

macam-macam warna bunga kertas bougenvillea

Pohon bunga kertas memiliki batang yang kecil dan sukar untuk tegak lurus. Bunganya yang berwana cerah menjadikan bunga ini banyak diminati para pecinta tanaman hias. Namun sebenarnya yang berwarna cerah itu bukanlah kelopak bunga melainkan seludang bunga yang melindungi bunga aslinya yang kecil.

cara menanam bunga kertas


Warna dari bunga kertas sangat bervariasi, hal inilah yang membuatnya banyak digemari untuk dijadikan tanaman hias. Nama bunga kertas sendiri terinspirasi dari bentuk selundang bunganya yang tipis dan seperti kertas. Beberapa warna bunga kertas diantaranya adalah:
  • Bunga kertas putih
  • Bunga kertas merah
  • Bunga kertas pink
  • Bunga kertas biru
  • Bunga kertas kuning
  • Bunga kertas ungu
  • Bunga kertas hijau
  • Bunga kertas jingga
  • Bunga kertas gold
  • dan banyak lagi lainnya.
Bunga bougenvillea sama pada bunga pada umumnya yang akan gugur setelah berusia sekitar 2 minggu.

Cara Menanam Bunga Kertas

Bunga kertas termasuk tanaman yang cukup mudah perawatannya. Sifatnya yang menyukai cahaya matahari, membuat bunga ini tumbuh subur di negara-negara tropis seperti Indonesia. Untuk perkembang biakan bunga kertas, terdapat berbagai cara untuk melakukannya. diantaranya :

1. Menanam Bunga Kertas Dengan Stek Batang

Untuk melakukan stek batang pada bunga kertas, anda dapat memilih batang dewasa dengan ukuran sedang. Lalu potong batang dengan potongan menyerong. Hasil potongan ini lah yang nantinya di tancapkan ketanah sedalam 5 cm untuk ditanam. Waktu melakukan stek batang pada bunga bougenvillea yang baik adalah ketika pagi hari dan malam hari. Kedua waktu tersebut merupaka waktu yang memiliki tingkat tumbuh tunas yang tinggi.

2. Menanam Bunga Kerta Pada Tanah Berpasir

Jika tidak ada tanah berpasir, anda dapat membuatnya sendiri dengan mencapurhkan tanah dengan pasir. Tekstur tanah berpasir yang berpori amat disukai oleh bunga kertas. Namun teknik menanam bunga kertas ini memerlukan penjagaan tingkat kelembaba tanah, ini sangat mempengaruhi pertumbuhan bunga kertas nantinya.

3. Menanam Bunga Kertas Dengan Sambung Pucuk

Teknik ini adalah teknik yang sangat populer digunakan untuk perkembang biakan bunga kertas. Umumnya teknik ini digunakan untuk merekayasa warna pada bunga kertas, sehingga dalam satu pohon terdapat berbagai macam warna bunga. Meski terlihat sederhana, ternyata teknik ini memerlukan keahlian khusus dalam penerapannya. Teknik ini memiliki tingkat keberhasilan yang rendah dan cukup sulit dalam melakukannya.

Secara garis besar, teknik ini adalah teknik menggabungkan cabang muda dari satu jenis bunga kertas ke cabang yang lebih dewasa pada bunga kertas berbeda jenis. Perbedan jenis bunga ini diharapkan memberikan hasil warna bunga yang berbeda saat pucuk menyatu dan tumbuh.

Video Dan Gambar Cara Menanam Bunga Kertas Bougenvillea




Cara Merawat Bunga Kertas

Jika pada umumnya tanaman perlu dilakukan penyiraman secara rutin dan berkala, hal ini sepertinya tidak berlaku untuk bunga kertas. Nyatanya, bunga ini dapat bertahan di tanah tandus yang kaya akan sinar matahari. Tak heran jika banyak orang yang senang menanam bunga kertas, selain keindahan warna bunganya, tanaman ini juga minim perawatan.

Bahkan beberapa pengalaman pecinta bunga menyebutkan, bunga kertas ini termsuk buunga yang suka "disiksa". Mereka sengaja untuk tidak menyiram bunga tersebut dalam waktu lama, dan hanya malakukan penyiraman sesekali. Hasilnya bunga-bunga indah pun bermekaran.

Setelah tanaman bunga kertas mulai berbunga, lakukan penyiraman dan pemupukan untuk mengembalikan kesegaran bunga kerta. Hal ini dapat dilakukan selama 2 minggu. Setelah itu bunga kertas dapat dibiarkan di tempat terbuka yang terkena sinar matahari langsung. Sinar matahari dapat membantu bunga terus bermekaran sepanjang tahun.

No comments:

Post a Comment