Monday, February 5, 2018

Beragam Jenis Tanaman Hias Merambat Untuk Mempercantik Rumah



Tanaman hias merambat merupakan salah satu jenis tanaman hias favorit untuk mempercantik rumah. Beraneka ragam jenis dan fungsi dari tanaman merambat dapat anda temukan. Walau umumnya tanaman rambat dominan dengan tumbuhan hijau, namun taksedikit juga tanaman rambat yang berbunga harum. Tentu saja hal ini akan mempercantik tampilan atap, dinding, kanopi ataupun pagar anda.

Tanaman hias merambat memeiliki beberapa jenis dan karakteristik sesuai dengan peruntukaknnya. Pada pembahasan kali ini, saya terfokus dalam membahas tanaman hias merambat yang umum ditanam dirumah. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan tanaman hias rambat adalah:

Tanaman Hias Merambat Berbunga Harum

Pemilihan tanaman merambat yang memiliki bunga dapat menjadi alternatif dalam menghias rumah anda. Banyak jenis tanamah hias merambat yang memiliki bunga yang juga berbau harum. Beberapa diantaranya adalah :

English Ivy

jenis tanaman hias merambat -english ivy

Ivy memiliki daun yang rimbun dengan batang menjalar. Daunnya berbentuk segitiga serta memiliki bunga yang terus mekar. Ivy sering dimanfaatkan sebagai penghias dinding luar ruangan dan beberapa menjadikannya sebagai hiasan pada pohon natal. Meskipun memiliki bunga yang cantik, namun ternyata getah dari tanaman merambat ini memiliki senyawa racun yang dapat menimbulkan alergi. Untuk itu bagi anda yang ingin menanam Ivy disarankan untuk menggunkan sarung tangan karet untuk menghindari kontak langsung getah dengan kulit.

Flame Of Irian

jenis tanaman hias merambat berbunga cantik

Namanya didapat dari daerah asalnya Irian atau lebih dikenal dengan Papua. Tumbahan merambat ini memiliki bunga yang cantik dan berwarna cerah, serta mekar sepanjang tahun. Pada alam liar, Flame Of Irian dapat ditemukan merambat pada batang pohon besar. Salah satu pemanfaatan Flame of Irian adalah untuk penghias kanopi ataupun sekedar penghias pada tiang taman. Bentuk bunganya yang menjuntai juga membuat sebagian orang memanfaatkannya sebagai penghias Gazebo ataupun Pergola.

White Clematis

white clematis tanaman merambat berbunga

White Clematis adalah salah satu tanaman meramat yang memiliki bunga yang rimbun dan memiliki aroma yang khas. Selain itu daun tanaman ini juga memiliki aroma yang segar dan jika dihirup mampu meredakan sakit kepala. Meski habitat asli tanaman ini adalah daerah bersuhu dingin, namun tumbuhan ini sering dimanfaatkan sebagai tanaman penghias pagar maupun gerbang hidup. Batang White Clematis dapat tumbuh antara 3 sampai 6 meter, tapi dibeberapa tempat panjang batangnya mampu mencapai 20 meter.

Arumdalu

arumdalu tanaman rambat berbunga harum

Arumdalu adalah salah satu jenis tanaman merambat yang sudah sangat dikenal bagi masyarakat jawa. Tanaman ini biasanya digunakan untuk mempercantik sudut pekarangan rumah. Salah satu keunikan dari tumbuhan ini adalah aroma bunganya yang cenderung lebih wangi pada malam hari. Sesuai dengan namanya Arum yang berarti Harum dan Ndalu yang berarti Malam hari. Tumbuhan ini sering ditanam pada halaman sekitaran pintu masuk. Hal ini bertujuan agar saat memasuki rumah, maka wangi dari bunganya dapat tercium.

Rangoon Creeper

Rangoon Creeper tanaman bunga hias merambat

Sebenarnya tanaman ini memiliki beragam nama seperti Melati belanda, melati India, melati merah, dalam Bahasa Inggris disebut chinese honeysuckle, rangoon creeper, atau burma creeper (Combretum indicum). Keunikan dari tanaman bunga merambat ini adalah warna bunga yang putih saat masih muda dan akan berubah menjadi kemerahan. Seperti bunga melati umumnya, Rangoon Creeper juga memiliki wangi yang sedap. Pemanfaatan bunga ini biasanya pada pagar hidup maupun tanaman penghias Gazebo atau Pergola.

Morning Glory

morning glory bunga merambat dengan warna cerah

Merupakan salah satu jenis tanaman hias yang sedang populer di Indonesia. Meski terlihat sederhana, namun keindahan bunga ini mampu manjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta tanaman hias. Warna bunga dari Morning Glory pun beraneka ragam mulai dari putih, kuning, pink, merah, biru bahkan hitam. Morning Glory kerap ditanam dan merambat pada dinding rumah maupun pagar. Selain itu bunga ini juga sering dijadikan penghias pada jendela rumah sehingga memberikan kesan positif saat membuka jendela di pagi hari.

Tanaman Hias Merambat Yang Tahan Panas

Pada umumnya, tanaman hias jenis ini biasanya digunakan sebagai tanaman pelindung dari panasnya terik matahari. Untuk itu kebanyakan tanaman hias yang merambat memiliki sifat tahan panas. Tanaman merambat tahan panas sangat cocok diaplikasikan pada kanopi ataupun atap rumah untuk memebrikan kesan nuansa sejuk. Tanaman hias merambat tahan cuaca panas juga sangat cocok jika dipadukan dengan dinding atau pagar rumah.

Selain membuat dinding atau pagar anda menjadi lebih indah, juga akan membuat lingkuangan rumah menjadi terasa lebih sejuk dengan warna hijau disekeliling rumah. Nah, berbicara tentang tanaman merambat yang tahan panas. Berikut ini akan kami berikan beberapa contoh jenis tanaman hias merambat yang tahan panas :

Soapwort

soapwort tanaman hias menjalar tahan panas

Soapwort merupakan jenis tanaman rambat berbunga lebat dengan warna merah muda dan berdaun kecil. Soapwort menyukai sinar matahari langsung untuk dapat hidup subur. Tanaman ini termasuk tanaman yang tahan akan teriknya matahari. Pemanfaatan tanaman ini biasanya digunakan sebagai dinding hidup pada rumah.

Mandevilla


Mandevilla adalah salah satu jenis tanaman merambat berbunga cerah seperti pink, merah dan putih. Warna cerah pada bunganya ini sangat cocok digunakan sebagai penghias pagar rumah. Mandevilla juga termsuk tanaman hias tahan panas, karakter nya yang sangat menyukai cahaya matahari. Penanaman Mandevilla umumnya dilakukan pada pot dengan media tanam berupa arak temputung kelapa. Hal ini karena Mandevilla memiliki sifat yang sensitif terhadap nematoda tanah.

Begonia

tumbuhan merambat tahan panas begonia

Begonia juga termasuk kedalam tanaman rambat tahan akan cuaca panas. Bunganya yang bergerombol dengan warna merah membuat tumbuhan ini terlihat semakin cantik dan menawan. Tak heran jika banyak pecinta tanaman hias yang turut menanam begonia sebagai tanaman hias mereka. Bahkan nama tanaman ini menjadi salah satu inspirasi dalam penamaan taman di daerah lembang jawa barat.

Beberapa contoh tanaman merambat tersebut dapat menjadi alternatif pilihan bagi anda dalam mengias rumah ataupun taman vertikal. Tentu saja pemilihan tersebut didasari pada kondisi serta lingkungan tempat menanam. Jadi, anda lebih suka dengan tanaman merambat yang berbunga atau tanaman rambat yang tahan cuaca panas?

No comments:

Post a Comment