Tuesday, May 1, 2018

Rotan : Jenis Tanaman Industri Untuk Sektor Kerajinan

Rotan : tanaman industri kerajinan


Mengetahui jenis tanaman industri untuk sektor kerajinan pada saat ini tentu saja bukanlah merupakan perihal yang sulit untuk dilakukan, terlebih di era jaman modern seperti sekarang ini dimana teknologi sendiri sudah maju dengan pesat yang membuat berbagai macam hal lebih mudah untuk dilakukan. Seperti salah satunya adalah informasi mengenai berbagai macam jenis tanaman industri yang pada saat ini mungkin sudah sangat mudah ditemukan, seperti contohnya tanaman industri rotan yang memang menjadi komoditas utama sebagai bahan pembuat produk kerajinan.

Ya, tentunya hingga saat ini anda sudah tidak asing lagi dengan berbagai macam kerajinan yang terbuat dari rotan, sebagian besarnya merupakan kerajinan seperti anyaman hingga kerajinan yang menggunakan batang rotan itu sendiri, mulai dari yang memiliki bentuk dimensi kecil hingga yang berdimensi besar. Dan sebagaimana yang telah kita ketahui bersama bahwa harga dari sebagian besar produk yang terbuat dari rotan tersebut cukup mahal, tidak hanya karena jasa kerajinannya sendiri, melainkan rotan sendiri juga diketahui merupakan salah satu bahan komoditas hasil hutan yang terhitung cukup tinggi.

Jenis Tanaman Industri Untuk Sektor Kerajinan

Maka dari itulah mengapa rotan sendiri juga dikatakan sebagai salah satu jenis tanaman industri untuk sektor kerajinan yang menjanjikan untuk di budidayakan, hanya saja memang banyak orang masih belum mengenal dan mengetahui cara budidaya tanaman tersebut, karena kebanyakan orang masih lebih mengenal bambu dibandingkan dengan rotan. Walaupun memiliki bentuk batang yang mirip dengan bambu namun karakteristik dari jenis tanaman ini memang berbeda, karena batang tanaman rotan sendiri diketahui hanya dapat tumbuh maksimal dengan diameter hingga 5cm, tentunya berbeda dengan tanaman bambu yang cenderung memiliki diameter lebih besar.

Selain itu, panjang dari tanaman rotan sendiri juga diketahui lebih panjang dari bambu karena dapat tumbuh hingga puluhan bahkan ratusan meter panjangnya, namun dengan sifatnya yang lebih elastis dari bambu maka tanaman ini memang lebih cocok untuk dijadikan bahan untuk produk kerajinan yang lebih beragam.

Demikian diatas tadi adalah sedikit ulasan mengenai jenis tanaman industri untuk sektor kerajinan yang telah kita ketahui bersama, semoga sedikit informasi tanaman di atas dapat membantu serta dapat bermanfaat untuk anda semuanya.

No comments:

Post a Comment